Memperjuangkan Kesejahteraan Melalui Pajak Yang Berkeadilan

Penulis: Herni Ramdlaningrum, Herawati, Panji TN Putra (PRAKARSA)

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia, akan tetapi kemiskinan dan ketimpangan masih menggerogoti sebagian besar kehidupan masyarakat Indonesia. Kesejahteraan yang merata masih sulit tercapai.

Bagi PRAKARSA, yang berjuang di isu perpajakan sejak tahun 2004, momentum reformasi merupakan batu pijakan bagi Indonesia untuk membangun negara sejahtera. PRAKARSA percaya bahwa kemakmuran dapat dicapai jika kemiskinan dapat diatasi. Untuk itu, PRAKARSA bekerja untuk mempromosikan kebijakan kesejahteraan yang menangani kemiskinan sebagai masalah multidimensi serta mendorong kebijakan fiskal yang adil yang melengkapi tujuan peningkatan kesejahteraan dan pengurangan kemiskinan.

Pajak menjadi sorotan utama bagi PRAKARSA karena pajak seharusnya menjadi sumber pendapatan negara yang dapat memenuhi fungsi perekonomian yaitu: alokasi, distribusi, dan stabilisasi bagi negara. Pajak memberikan jaminan pendapatan negara lebih independen alih-alih mengandalkan utang luar negeri. Namun pada perjalanannya, penerapan pajak memiliki hambatan seperti masih rendahnya penerimaan pajak, berbagai kejahatan dan penghindaran pajak, serta alokasi anggaran yang bersumber dari pajak yang belum mampu dialokasikan secara efektif dan efisien.

Berjuang di isu perpajakan tentu tidak mudah jika dijalani sendiri, terlebih dengan adanya praktik kecurangan yang tinggi di kalangan korporasi, kaum elit, dan bahkan oknum pemerintah untuk mengeruk keuntungan sendiri. Untuk memperkuat pengaruhnya, PRAKARSA berkoalisi dengan organisasi dan forum-forum advokasi perpajakan di tingkat regional, nasional, maupun global untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat mengenai pentingnya pajak sebagai instrumen pembangunan yang akan berdampak pada kesejahteraan mereka. PRAKARSA berupaya untuk dapat menggaungkan isu-isu perpajakan serta ketimpangan dan ketidakmerataan ekonomi di Indonesia ini secara lebih luas dengan harapan dapat memengaruhi kebijakan dan sistem perpajakan di Indonesia saat ini dan mendorong pemerintah untuk lebih tegas dalam menindak berbagai kejahatan dalam dunia perpajakan.

Judul Buku: DEMOKRASI DAN PANDEMI
Bunga Rampai Pengetahuan Masyarakat Sipil di Indonesia
Diterbitkan oleh: Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara
ISBN 978-623-98039-0-2
© 2021. Dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC-BY-NC-SA 4.0).

Buku ini terbit atas inisiatif dan kerja sama yang telah dilakukan beberapa organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam CIVICA.

Bagikan:

Responses