Antusias, Warga Dermojayan Blitar Ikuti Pelatihan Digital Marketing

Blitar, Pada tanggal 22 dan 23 Agustus 2023, Desa Dermojayan menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing. Ada 30 peserta dari unsur warga yang didominasi pemuda-pemudi Desa Dermojayan. Mereka antusias mengikti acara ini, karena diberi info bahwa acara ini akan banyak praktik terkait berjualan di marketplace. Acara terselenggara di Balai Desa Dermojayan, malam hari mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Peserta semangat mengikuti sesi pelatihan hingga selesai.  Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media, mulai dari Shopee, Lazada, Tik Tok, Whatsup Bisnis hingga Facebook.

Pengertian digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand maupun produk. Menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Selain itu, kondisi masa kini menuntut setiap penjualan harus melibatkan digital marketing. Digital marketing memberikan kemudahan dalam hal belanja bagi konsumen. Keuntungan bagi penjual, tidak perlu sewa ruko atau toko. Cukup menggunakan handphone yang tentunya hampir setiap anak muda menggunakannya.

Digital marketing memadukan perangkat elektronik, internet dan platform media digital agar memudahkan calon konsumen untuk mengenal dan membeli produk secara online. Hal ini tentu tetap melibatkan tenaga manusia, terbukti sekarang marak jasa pengiriman guna memaksimalkan penghantaran barang tiba sampai pada konsumen. Digital marketing tidak cuma membantu konsumen secara luas, melainkan memperoleh efektivitas pemasaran yang lebih baik dibandingkan strategi marketing konvensional.

Pematerinya melibatkan Vitta Devita dan Tim, serta Duta Digital yang mengawal acara ini. Acara dibuka oleh pak Sekdes pak Sukarji yang menyampaikan, “Ayo kita harus belajar sungguh-sungguh, ini pelatihan langka yang desa memfasilitasi, jadi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bisa jadi melalui hasil digital marketing ini bisa meningkatkan perekonomian kita”.

Saikhu selaku salah satu peserta dan kader digital Desa Dermojayan mengatakan, “Terima kasih sudah memfasilitasi pelatihan ini. Ilmunya sangat mudah diterima, banyak praktiknya. Saya yang awalnya tidak begitu antusias untuk berjualan di marketplace, setelah dijelaskan potensi berjualan dan kemudahannya, saya menjadi semangat. Ilmunya sangat aplikatif, sekarang tinggal praktik”.

Bagikan:

Responses