Tingkatkan Kapasitas Relawan, Yafsi Medan Ikuti Coaching Clinic Kerelawanan Bersama Indorelawan Yayasan Penabulu

Medan –  Untuk meningkatkan kapasitas relawan, Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) mengikuti Coaching Clinic Kerelawanan yang diadakan oleh Indorelawan bersama Yayasan Penabulu melalui Co-Evolve, melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam pengelolaan relawan, organisasi membutuhkan sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adaptasi dan resiliensi masyarakat sipil di masa kritis melalui penguatan aspek mobilisasi sumber daya, dimana kerelawanan adalah salah satu bentuk sumber daya.

“Kami sangat berterimakasih karena mengijinkan YAFSI ikut bergabung dalam coaching clinic kerelawanan ini. Karena saat ini YAFSI sedang butuh energi atau pengetahuan baru dalam merekrut relawan untuk membantu gerakan-gerakan kami.” Ujar Direktur eksekutif YAFSI, Kartika Ayu Br Ginting.

Selain YAFSI, kegiatan tersebut juga diikuti oleh dua lembaga lain yaitu Dream House dari Jogjakarta dan Lembaga Pengkajian Dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) dari Padang Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan pelatih yang kompeten di bidangnya. Ada Retha Dungga selaku Co Founder Indorelawan, dan Marsya Nurmaranti- Executive Director Indorelawan. Kegiatan ini dilakukan selama satu bulan dengan pertemuan satu minggu sekali.

Menurut YAFSI, relawan memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan yang dilakukan, sehingga diperlukan manajemen kerelawanan yang baik dalam gerakannya, agar kegiatan kerelawanan daapt dirasakan maksimal dan berkelanjutan.

Penulis: Septianita Purnama

Bagikan:

Responses