SSR Kota Serang Meriahkan Canvassing TBC Serentak

Kota Serang – Kepala Puskesmas Banjar Agung, Lurah Banjar Agung, Komandan Koramil Cipocok Jaya, Ketua RW 01, dan Ketua RT 03 berkumpul secara meriah dalam acara Canvassing TBC yang dilakukan oleh SSR Tunas Banten Pratama Kota Serang sebagai lembaga pelaksana eliminasi TBC. (7/9)

Nanang Yumni Program Staf Kota Serang mengatakan. Pada kegiatan Canvassing TBC ini, kader memberikan edukasi kepada masyarakat, Investigasi Kontak, dan skrining umum TBC, serta memberikan edukasi tentang Terapi Pencegahan TBC. “Kegiatan merupakan inisiatif dengan tim dan kader sebagai RTL dari kegiatan refreshment kader”. Ucapnya.

Nanang menambahkan, Canvassing TBC berhasil melakukan skrining TBC kepada 400 warga Banjar Agung yang dilakukan oleh kader TBC sebagai gerakan bersama serta dalam upaya mempercepat eliminasi TBC di Provinsi Banten. “Kami menerjunkan 30 kader se – Kota Serang difokuskan di kelurahan Banjar Agung, selain itu Canvassing juga dilakukan serentak dengan Kab/Kota yang lain”. Tambah nanang. (7/9)

Sedangkan, Rusma Lurah Banjar Agung mengapresiasi kegiatan ini yang dilakukan bersama Kader TBC dan hal ini bisa menjadi dorongan bagi Kelurahan lain agar mencontoh. “Kami dukung penuh kegiatan ini, agar masyarakat bebas dari TBC”. Pungkas pak Lurah.

Hj. Yulinah Kepala Puskesmas Banjar Agung mengungkapkan, kegiatan canvassing ini sangat bagus untuk dilakukan untuk mengedukasi tentang stigma TBC dan mengajak warga untuk periksa TBC. “saya apresiasi sebagai salah satu upaya mempercepat dan memutus mata rantai penyebaran penyakit TBC di warga banjar agung”. Ucapnya

Sementara Susanti selaku Danramil Cipocok Jaya, berharap kegiatan canvassing TBC dapat dilakukan rutin minimal dua bulan sekali. “ TNI mendukung kegiatan positif ini dan menjadi tugas bersama menjaga Kesehatan warga khususnya pada penyakit menular”. Pungkasnya. (7/9)

Hasil Canvassing TBC akan diserahkan oleh kader kepada puskesmas banjar agung untuk diperiksa sample dahak dari warga. Hadir pula penanggungjawab TBC puskesmas banjar agung.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 agustus 2022 diadakan secara meriah dan serentak dengan 6 Kabupaten/Kota lain wilayah intervensi Penabulu – STPI melalui live streaming youtube. Hadir pula Direktur Nasional Program Penabulu – STPI dan Tim secara Virual Zoom.

Bagikan:

Responses