Penabulu – STPI Edukasi Warga Lewat Canvassing TBC di Lebak

Lebak – Dalam upaya mensukseskan program eliminasi Tuberkulosis (TBC), Unit Pelaksana (IU) Penabulu – STPI Kabupaten Lebak adakan kegiatan Canvassing. Hal ini dilakukan sebagai inovasi program dari Komunitas Konsorsium Penabulu STPI pelaksana program yang di danai Global Fund. (7/9)

Eka Nurwana, Program staf IU Penabulu – STPI Kabupaten Lebak mengungkapkan, Kegiatan canvassing TBC ini dilakukan serentak dengan Kabupaten/Kota lain sebagai bagian dari tindak lanjut kegiatan refreshment (penyegaran) kepada 30 Kader TBC yang difokuskan di Desa Kaduagung Timur Kecamatan Cibadak. “Sebanyak 30 kader TBC di terjunkan untuk skrining TBC kepada masyarakat di Kampung Rancasema RT 03 RW 01 dan Kampung Pasir Malang RT 02 RW 03”. Ungkapnya.

 Ia menambahkan, eliminasi TBC akan terlaksana jika semua pihak terlibat aktif dalam penjangkauan TBC di masyarakat termasuk Pemerintah Desa. “Canvassing TBC ini kami bekerjasama dengan Pemerintah Desa agar mengajak masyarakatnya agar mau di edukasi dan skrining TBC melalui investigasi kontak dan penyuluhan TBC”. Tambahnya.

Nancy Angraeny, S.Keb  Kepala Desa Kaduagung Timur menuturkan, kesehatan masyarakat merupakan bagian dari tugas Pemerintah Desa terlebih untuk penyakit menular seperti TBC sehingga penularan penyakit ini dapat ditekan khususnya di Desa Kaduagung Timur. “Saya sangat mendukung kegiatan ini dan saya pernah menjadi tenaga kesehatan di RSU sebelum dilantik Kepada Desa”. Tutur Nancy. (7/9)

Sementara, Nila Sulastri, S.Kep perwakilan Puskesmas Mandala, angka penyebaran TBC dapat ditekan melalui penjangkauan secara aktif yaitu investigasi kontak baik kontak serumah dan kontak erat dengan pasien TBC. Jika ada temuan TBC maka perlu didampingi pengobatannya sampai sembuh. “Saya dukung kegiatan ini dengan turun ke lokasi bersama kader sekaligus membujuk pasien TBC yang putus berobat di Kaduagung”. Ucapnya.

Nila menambahkan, harapan dari kegiatan ini masyarakat mulai mengetahui tentang bahaya TBC dan melaporkan kepada kader TBC jika terdapat orang memiliki gejala TBC sehingga eliminasi TBC di Kabupaten Lebak bisa terlaksana ditahun 2030. (7/9)

Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 agustus 2022 diadakan secara meriah dan serentak dengan 6 Kabupaten/Kota lain wilayah intervensi Penabulu – STPI melalui live streaming youtube. Hadir pula Direktur Nasional Program Penabulu – STPI dan Tim secara Virual Zoom.

Bagikan:

Responses