Income Generating Program Penunjang Ekonomi Masyarakat

Permasalahan ekonomi adalah permasalahan menjadi sangat penting, dikarenakan menjadi faktor utama permasalahan permasalahan lain muncul. Walaupun terkadang ada beberapa  permasalahan bukan karena dilatarbelakangi oleh ekonomi.

Tapi bagi masayarakat yang mempunyai pendapat yang di bawah rata rata, ekonomi adalah factor utama munculnya permasalahan permasalahan lain diantaranya, kesehatan, pendidikan, pengasuhan dan lain lain.

Yapemmas bekerjasama dengan salah satu lembaga yang konsentrasi pada issu anak dan keluarga (atas kesepakatan dan SOP pada lembaga tersebut, tidak ingin disebutkan nama lembaganya pada media apapun). Melihat fenomena yang ada, kegagalan dalam pengasuhan dan pendidikan anak dalam keluarga salah satu factor penyebab terbesarnya adalah permasalahan ekonomi.

Untuk itu Yapemmas diajak bekerjasama oleh lembaga tersebut untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi keluarga melalui program Income Generating. Program yang dijalankan ini adalah melalui pemberian pinjaman modal usaha bagi keluarga keluarga yang ingin mengembangkan usaha untuk menjadi salah pendapatan keluarga sehingga dapat memperbaiki perekonomian keluarga. Untuk pinjaman modal ini, pengembaliannya sangat kecil,

Selain pinjaman modal usaha, program ini juga menekankan pada kebiasaan menabung para anggota, walaupun hanya dengan nominal kecil. Setiap anggota diwajibkan menabung setiap hari walaupun hanya sebesar Rp. 2000,- saja. Untuk membangun kebiasaan menabung adalah salah satu tantangan terbesar di program ini

Program ini sudah berjalan hampir 1 tahun, tepatnya 10 bulan. Saat ini dana yang telah digulirkan untuk 3 kelompok ini, sudah 95% mengembalikan pinjaman modal. Pinjaman modal yang sudah dikembalikan akan digulirkan untuk anggota kelompok lain yang belum mendapat kesempatan pada perguliran tahap I (satu).

Pada bulan Agustus 2022 ini akan digulir kembali pinjaman modal untuk anggota lain yang membutuhkan. Sebelum menggulirkan pinjaman modal usaha ini, sama dengan yang sebelumnya, akan dilakukan assessment jenis usaha yang diusulkan, serta jumlah modal yang dibutuhkan. Bagi anggota baru yang ingin mengajukan pinjaman, sebelumnya akan di wajibkan menabung, minimal sudah menabung selama 1 bulan.

 

Bagikan:

Responses