Konsolidasi Laporan Programatik serta Technical Assistance Tata Kelola Keuangan sebagai Momentum Peningkatan Kualitas Kerja SR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI

Lombok NTB – Komunitas Konsorsium Penabulu STPI melaksanakan kegiatan Konsolidasi Laporan Programatik serta Technical Assistance Tata Kelola Keuangan yang dilaksanakan pada 2-5 Agustus 2022 di Hotel Jayakarta, Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 71 peserta SR Wilayah dan SR Tematik dari seluruh Indonesia. Dalam implementasi kegiatan, acara dibagi menjadi dua acara yang berbeda yaitu Konsolidasi Laporan Programatik yang dihadiri oleh 37 tim MEL, dan Technical Assistance yang dihadiri oleh 31 tim keuangan. 

 

Di hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan kedua acara. Acara pembukaan diisi oleh sambutan dari para manajer PR. 

 

Dalam sambutannya, Dwi Aris Subakti selaku MEL Manager mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir dari lokasi masing-masing untuk terbang dan kumpul belajar bersama di Lombok. 

 

Ia juga menyampaikan pesan bahwa “Saya berharap setelah acara ini semua peserta dapat meningkatkan kapasitas dan pengetahuan untuk lebih  baik lagi terutama untuk laporan di semester depan,” ucapnya. 

 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Sugeng Wibowo selaku HR and Administration Manager. 

 

Ia menyampaikan bahwa dengan adanya Technical Assistance, seluruh pengetahuan peserta terutama tim MEL dapat meningkat serta data-data yang diperoleh dapat menjadi bahan untuk menentukan strategi di lapangan. 

 

Saat membuka acara, ia juga berpesan bahwa peserta harus terus ketat dalam menerapkan protokol kesehatan serta menjaga kesehatan. 

 

Setelah sambutan-sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan acara oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan.

 

Rosyidana (Internal Control Staff) serta Edi Winarko (Data Management Staff) memberikan arahan kepada peserta terkait kegiatan yang akan dilaksanakan dua hari mendatang di forumnya masing-masing. 

 

Setelahnya, Irman Suryana memberikan arahan terkait dengan update sistem SITK (Sistem Informasi Tuberkulosis Komunitas) dan pembaharuan menggunakan mobile SITK. SR juga dipersilahkan untuk menulis permasalahan/kendala yang dialami saat mencoba akses terkait dengan SITK baik TB SO (Sensitif Obat) maupun TB RO (Resisten Obat).

 

Di hari kedua, peserta bergabung sesuai dengan divisinya masing-masing. Di sisi DM, acara diawali dengan pemaparan ulang SITK serta fitur-fitur yang telah ter-update oleh Irman Suryana. 

 

Irman Suryana, juga mengarahkan seluruh peserta untuk mempraktikkan penggunaan fitur SITK di modul SO dan RO dan trial dalam penggunaan mobile SITK. 

 

Setelah penjelasan terkait SITK selesai, acara diambil alih oleh Lina Harahap. Ia memberikan instruksi kepada seluruh peserta untuk bergabung dengan PIC-nya masing-masing dan mempersilahkan semua SR untuk mengeluarkan data yang ter-update dari SITK Semester 1 tahun 2022 untuk kemudian diolah bersama hingga pukul 20.00 WITA. 

 

Di sela-sela pengolahan data SITK Semester 1 tahun 2022, Thoriq Hendrotomo selaku DM Coordinator memberikan materi terkait dengan alur untuk membaca sistem kerja di SITK serta penjelasan R01-R09 yang digunakan untuk monitoring capaian dan data. 

 

Kemudian dalam segi finance, acara diisi dengan materi terkait proses review keuangan dalam penyaluran dana enabler yang disampaikan oleh Subhan (Internal Control Staff). 

 

Dengan adanya indikator baru terkait enabler, PR Komunitas Konsorsium Penabulu-STPI terutama di bagian finance harus paham terkait dengan alur dan tata cara pencairan dana tersebut. 

 

Peserta juga secara on the spot langsung mempraktekkan tata cara pengelolaan dana enabler dan implementasi penyaluran dana ke pasien. Dan setelah pemberian materi enabler berakhir, acara kemudian diisi oleh Farhan (Finance Manager) dan Yuyun (IC Coordinator) untuk memaparkan hasil-hasil temuan dari audit.

 

Di hari terakhir, tim DM melanjutkan proses review mereka dengan PIC daerah masing-masing. Di sela-sela kegiatan review, Misan selaku HR staff memberikan selingan ice breaking agar dapat mencairkan suasana yang serius. 

 

Kemudian, acara dari segi DM di akhiri dengan penjelasan terkait dengan evaluasi formatif konsorsium yang disampaikan oleh Permata Silitonga selaku KM Coordinator. 

 

Di pihak keuangan, acara di hari terakhir diisi dengan materi penjelasan juknis keuangan PR Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI seperti  tata kelola upload dokumen ke Quill dan tata laksana pendokumentasian/pengarsipan. 

 

Selain itu, pemaparan materi seperti perpajakan juga disampaikan oleh Finance Coordinator yaitu Fatoni. Kemudian, acara dari forum keuangan di tutup oleh pemberian materi dari Sugeng selaku HR Manager yang membawakan materi yang berkaitan dengan personalia, procurement dan teknis pembayaran BPJS.

 

Setelah acara dari kedua bidang berakhir, kegiatan Konsolidasi Laporan Programatik serta Technical Assistance Tata Kelola Keuangan ditutup oleh National Program Director, Heny Prabaningrum beserta para manager. 

 

Di acara penutup, Heny Prabaningrum memberikan kepercayaan penuh kepada SR agar dapat memberikan peningkatan yang signifikan di semester depan. 

 

“Saya yakin ya bahwa semua SR sudah mendapatkan ilmu yang banyak dalam kegiatan ini. Saya percaya ke kalian bahwa semester depan capaian kita akan meningkat agar trust dari The Global Fund kepada kita dapat dibuktikan,” ucapnya. 

 

Semoga, kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat menambah wawasan seluruh peserta dan mengembangkan kualitas kerja dari seluruh teman-teman SR, tutup Heny Prabaningrum.

 

Penulis: Winda Eka Pahla Ayuningtyas
Bagikan:

Responses