Lokakarya Asistensi Teknis Implementasi Program Eliminasi Tuberkulosisi Indonesia

Dokumentasi PR Konsorsium Penabulu-STPI

(5/12) Nasional. PR Konsorsium Penabulu-STPI adakan pertemuan Nasional bersama SR pelaksana program eliminasi TB di 30 Provinsi, yang dirangkai dalam kegiatan Lokakarya Asistensi Teknis Implementasi Program Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI yang dilaksanakan di Denpasar Bali 05-10 Desember 2021.

TBC masih menjadi masalah besar bagi Indonesia, untuk menuntaskan masalah ini pemerintah telah menetapkan target mengeliminasi TBC pada 2030. Untuk itu, diperlukan peningkatan sinergi multi pihak yang menjadi kunci demi mewujudkan Indonesia eliminasi Tuberkulosis 2030.

Aris Subakti, MEL Manajer menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan untuk menjaga soliditas tim dan melakukan evaluasi serta merumuskan strategi implementasi program di tahun depan dan membangun kemitraan multi stakeholder.

“Penabulu-STPI berkomitmen dalam eliminasi TB di Indonesia dan membangun kemitraan multi stakeholder berbasis komunitas” Ucapnya.

Dokumentasi PR Konsorsium Penabulu-STPI
Dokumentasi PR Konsorsium Penabulu-STPI

Disampaikan pula Dr. Rita Kusriastuti wakil CCM Indonesia, bahwa tantangan kita adalah melakukan Investigasi Kontak dimasa pandemi dan mangatasi stigma TB ditengah masyarakat.

“saya apresiasi kepada PR dan berharap pertemuan ini menghasilkan langkah kongkret dan strategi yang terarah di tahun 2022”. ungkapnya

Sedangkan Nurul Nadia, Authorized Signatory (AS) Yayasan STPI Dimasa pendemi angka meninggal karena TB meningkat dan layanan TB menurun sebab SDM kesehatan terserap pada penanganan Covid. PR konsorsium akan terus melakukan perbaikan agar mendapat nilai A sebagai pelaksana program TB di Indonesia.

“Kami berkomitmen mendukung eliminasi TB, pertemuan ini agar ada perbaikan dan perencanaan tahun depan”. Ucapnya.

Budi Soesilo, perwakilan AS Yayasan Penabulu menambahkan, TBC penyakit yang dapat menjangkit semua usia di Indonesia dan Komunitas memiliki peran besar dalam penjangkauan TBC serta perlunya sinergitas eliminasi TB dari level PR hingga SSR dalam membangun kemitraan multi sektor.

” Eliminasi TB akan tercapai jika sektor swasta juga memaksimalkan peran dalam penanganan TB ” Tambahnya.

 

Bagikan:

Responses