Ikuti Lomba Menyanyi Mars KB, Desa Dermojayan Menjadi Juara Pertama

Desa Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, merupakan salah satu Desa yang mendapat progam kampung KB. Desa ini mengirimkan delegasi untuk lomba Mars KB dan yel-yel 8 Fungsi keluarga, yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Blitar.

Acara ini terselenggara dalam Rangka Memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 30, yaitu pada tanggal 20 sampai dengan  21 Juni 2023. Kegiatan bertempat di Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar.

Peserta lomba melibatkan 22 Desa yang Mendapat Program Kampung KB, terdiri dari masing-masing Kader  Kampung KB di Desa. Setiap kelompok terdiri dari 10 Orang Kader.

Dalam pembuatan yel-yel dan Latihan Mars KB, tim Mars Desa Dermojayan dilatih oleh Lutfi Habibi, yang berprofesi sehari-hari sebagai Guru kesenian MAN Kunir Wonodadi Blitar.

Enik Zulaikah selaku ketua PKK Desa Dermojayan mengatakan “Kami berlatih rutin selama enam hari, dan didukung penuh oleh Pemerintah desa Dermojayan. Setiap malam kami latihan di Balai Desa”, Tutur Enik.

“Dengan Kekompakan yang luar biasa, semua anggota menuangkan ide untuk membuat koreografi, pemilihan lagu, dan tampilan yang layak dalam perfomance”. Imbuh Fatimah selaku kader PPKD Desa Dermojayan.

Pada saat pengumuman lomba, desa Dermojayan meraih juara 1 dalam perlombaan ini. Suatu kebanggaan tersendiri, karena rasa lelah terbayar dengan mendapatkan piala juara. Piala diserahterimakan langsung dari Bupati Blitar yaitu ibu Rini Syarifah.

Tujuan dan manfaat program keluarga berencana adalah mewujudkan keluarga sehat, bahagia, dan sejahtera. Namun, program ini sering kali disalahartikan sebagai program menolak kehadiran anak. Program skala nasional yang dikelola oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Ada banyak manfaat program keluarga berencana yang dapat diperoleh dan salah satunya adalah menghasilkan keluarga yang berkualitas.

Ada beberapa tujuan penting dilaksanakannya program keluarga berencana, di antaranya: Membentuk keluarga kecil sejahtera, sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga tersebut, mencanangkan keluarga kecil dengan hanya dua anak, mencegah terjadinya pernikahan di usia dini, menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, menekan jumlah penduduk serta menyeimbangkan jumlah kebutuhan dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Dari partisipasi acara demikianlah, menurut Fatimah, sebagai kegiatan membangun kekompakan ibu PKK. Acara yang bernilai positif dan membangun energi antar ibu-ibu di Desa. Siapa sangka kalau akhirnya mendapatkan juara. (REF: Ema & Syaikhu)

 

Bagikan:

Responses