40 Kader TBC Kab. Serang Terjun Di Desa Cimaung Lakukan Canvassing TBC

Serang – Pelaksana program eliminasi TBC Kabupaten Serang atau disebut Implementing Unit (IU) Penabulu – STPI Kabupaten Serang adakan Canvassing TBC secara meriah dan serentak bersama 40 kader TBC difokuskan pada Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal. (8/9)

TB Deni Faisal Hasyim biasa disapa Deni selaku pelaksana program di Kabupaten Serang mengatakan, Canvassing TBC ini merupakan gagasan baru di Banten untuk secara aktif melakukan penjangkauan TBC dengan menerjunkan 40 kader di satu Desa. “kami ingin memberikan percontohan pada pemerintah desa yang lain agar melindungi dan membantu warganya dari bahaya laten TBC dan dapat memastikan warganya sehat”. Katanya.

Deni menambahkan, kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat kontak erat pasien TBC bahwa TB itu bisa dicegah dan disembuhkan serta mempercepat penjaringan kontak erat dari pasien TBC. “ kami juga menyampaikan tentang stigma TBC dan skrining serta merujuk jika ada ada yang memiliki gejala TBC”. Tambah Deni.

M. Fahmi Muhison PJ TB Puskesmas Cikeusal mengungkapkan, kegiatan Canvassing TBC sangat menarik dan sangat membantu puskesmas dalam penemuan dan menjangkau kontak erat dengan pasien TBC. “Kami apresiasi kegiatan ini karena hal baru dilaksanakan di Kabupaten Serang, juga ini sangat membantu kami dalam eliminasi TBC khususnya diwilayah kerja puskesmas cikeusal”. Ungkapnya. (8/9)

Fahmi menambahkan, hasil kegiatan ini adalah sample dahak dari kegiatan skrining TBC oleh kader akan ditindak lanjuti oleh Penanggung jawab Laboratorium untuk diperiksa.

Sementara Sunardi selaku Kepala Desa Cimaung, mengucapkan terima kasih kepada Penabulu – STPI telah bersama-sama mengantisipasi warga melalui kegiatan Canvassing TBC berkaitan edukasi dan skrining TBC di Desa Cimaung. “Atas kegiatan ini kami mengetahui bahwa di Desa kami ada warga yang sakit TBC, sehingga dapat diantisipasi penularannya”. Ucap Pak Kades  

Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 agustus 2022 diadakan secara meriah dan serentak dengan 6 Kabupaten/Kota lain wilayah intervensi Penabulu – STPI melalui live streaming youtube.

Hadir pula Direktur Nasional Program Penabulu – STPI dan Tim secara Virual Zoom. kegiatan di Kabupaten Serang dihadiri Dwi Saptarini Analis Laboratorium Cikuesal, Mawardi sekretaris Desa Cimaung dan Lilis Suherni Bendahara Desa Cimaung hadir pula. Sehingga eliminasi TBC dapat menjadi program prioritas oleh Pemerintah Desa khususnya di Desa Cimaung. (8/9)

Bagikan:

Responses