SSR Kota Cilegon Adakan Canvassing TBC

Cilegon – SSR Tunas Banten Pratama laksana eliminasi TBC Kota Cilegon libatkan 30 kader TBC, Dinas Kesehatan, Puskesmas Citangkil, dan Lurah Taman Baru. Kegiatan Canvassing TBC bersama dibuka secara resmi dengan pelepasan balon terbang di langit Kota Cilegon. (25/8)

Imas selaku pelaksana program Kota Cilegon menuturkan, Canvassing TBC tujuannya memberikan semangat kepada kader TBC dan mendorong agar masyarakat memeriksa diri melalui edukasi bahaya laten TBC. Selain itu, Canvassing TBC merupakan kegiatan baru hasil inisiasi tim program dan kader TBC Kota Cilegon. “sebanyak 30 kader diterjunkan di satu titik yaitu di kelurahan Taman Baru, sehingga penjangkauan dan edukasi TBC dapat menyeluruh”. Tuturnya.

Sebelum Canvassing TBC, telah dilakukan refreshmen kader sekaligus pelatihan kader baru selama 3 hari. “Ini hari keempat dilakukan Canvassing TBC agar kader baru melihat secara langsung bagaimana melakukan investigasi kontak dan skrining TBC”. Tambah imas

Ucapan terima kasih dan apresiasi dari Puskemas Citangkil, atas keaktifan tim SSR Tunas Banten Pratama bersama kader membantu Dinas Kesehatan dalam upaya eliminasi TBC di Kota Cilegon. “Kegiatan ini dapat menjadi percontohan untuk dilakukan di Kelurahan lain”. Ucap Drg. Novita selaku kepala puskesmas citangkil. (25/8)

Lurah Taman Baru Ahmad Buhari mengungkapkan, dari kegiatan ini kami mengetahui cara kerja kader dalam penanggulangan TBC baik melalui investigasi kontak atau penyuluhan. “Saya menyambut baik kegiatan ini dan sangat bagus dilakukan secara berkelanjutan”. Ucap pak lurah.

Sementara Dede Abdurosyid selaku Direktur Tunas Banten Pratama menuturkan, eliminasi TBC adalah tanggungjawab semua pihak termasuk Kelurahan. Jika penanggulangan TBC hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Tunas Banten Pratama maka tidak akan tercapai eliminasi TBC di Kota Cilegon. “Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat langsung penanggulangan TBC termasuk Kelurahan, segera laporkan kepada kami jika ada warga yang memiliki gejala TBC”. Tutur Dede

Ia menambahkan, Tunas Banten Pratama bersama kader akan mendampingi warga yang terkena TBC sampai sembuh dan mengantisipasi stigma negatif kepada pasien TBC. “Kami akan all out dalam penanggulangan TBC” Tambah Dede. (25/8)

Bagikan:

Responses