Konsultan Modul Digitalization Empowering Women Entrepreneurs

Latar Belakang

 

 

 

 

 

 

 

Yayasan Mercy Corps Indonesia (YMCI) adalah sebuah lembaga non-profit berbadan hukum Indonesia yang berdomisili di Gedung AD Premier Lantai 3, Jalan TB Simatupang No. 5, Jakarta Selatan. Yayasan Mercy Corps Indonesia membantu masyarakat untuk pulih dari kondisi krisis yang mereka hadapi dan kemudian mengubahnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Didasari kebutuhan lokal, program kami membantu masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dengan alat dan dukungan yang masyarakat butuhkan.

Yayasan Mercy Corps Indonesia bekerja sama dengan Caterpillar Foundation dalam pelaksanaan Program Empowering Women Entrepreneurs yang berada di dua lokasi, yakni di Kabupaten Bogor dan Kota Batam. Kegiatan ini merupakan serangkaian pelatihan kepada 250 perempuan pengusaha mikro dan kecil yang berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Jonggol, dan Gunung Putri, Kabupaten Bogor serta Kecamatan Batu Aji, di Kota Batam. Adapun pelatihan yang diberikan meliputi diantaranya: pelatihan mengenai inklusi keuangan, produk- produk tabungan, dan bagaimana cara mengembangkan usaha yang sudah dimiliki sekarang.

Sebagai upaya untuk melakukan digitalisasi pada modul yang telah dikembangkan oleh program, maka kami mengundang tim individual atau lembaga/institusi yang memiliki pengalaman dalam desain grafis dan videografi untuk menjadi konsultan pada kegiatan digitalisasi modul program Empowering Women Entrepreneurs. Pengerjaan digitalisasi konten modul dikerjakan dalam bentuk video motion graphic dengan durasi maksimal 3 menit/video dan mengacu kepada seluruh kurikulum yang terdapat pada modul program.

 

Tujuan Kegiatan konsultansi ini bertujuan untuk membantu program Empowering Women Entrepreneurs mendigitalisasikan modul yang telah dikembangkan untuk diunggah ke aplikasi MCI UMKM Tangguh & kanal Youtube MCI agar peserta program dan juga pelaku UMKM lainnya dapat lebih mudah mengakses konten pembelajaran.

 

Kegiatan

 

1.   Memberikan proposal berdasarkan konsultasi dengan tim Empowering Women Entrepreneurs yang mencakup:

–       Profil institusi/perusahaan/lembaga atau CV/resume Tim konsultan

–       Rencana anggaran

–       Rencana kerja

–       Rencana naskah skrip atau storyboard

–       Portfolio video motion graphic yang pernah dibuat sebelumnya, atau dengan tema serupa (jika ada).

2.   Mengikuti penjelasan awal dari tim Empowering Women Entrepreneurs untuk memahami kegiatan dan indikator program sebagai acuan dalam melakukan kegiatan produksi selanjutnya.

3.   Berkonsultasi dengan program Empowering Women Entrepreneurs dalam merencanakan proses dan implementasi pembuatan video modul digital.

4.   Pengembangan rencana kerja, metode pembuatan video motion graphic, termasuk teknis pembuatannya.

5.   Memahami isi dari modul program Empowering Women Entrepreneurs dan menggunakan modul tersebut sebagai acuan pembuatan video motion graphic.

6.   Membuat draft karakter, layout, dan voice-over yang akan digunakan di video untuk mendapatkan persetujuan dari tim program sebelum melanjutkan pembuatan video digitalisasi modul secara keseluruhan.

7.   Membuat laporan hasil produksi video.

8.   Bersedia melakukan revisi untuk setiap video, sesuai dengan batas waktu yang didiskusikan bersama.

9.   Menyelesaikan produksi video sesuai dengan timeline waktu yang telah ditentukan.

10.  Pengiriman video, laporan akhir dan berbagai dokumen terkait lainnya.

 

Hasil yang diharapkan Total 3 video yang meliput 3 modul utama dengan subtitle berbahasa Inggris. Masing-masing video berdurasi maksimal 3 menit dengan resolusi High Definition.

 

Kualifikasi

 

1.     Menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

2.     Memiliki pengalaman profesional sebagai videographer, motion graphic designer,  graphic designer, atau content creator setidaknya 3 tahun.

3.     Memahami konsep tentang kewirausahaan dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

4.     Bersedia bekerja di hari libur.

 

 

Jadwal dan Jangka Waktu

 

 

No Uraian Kegiatan Lama Pengerjaan Waktu Pelaksanaan
1. ▪          Konsultansi, perencanaan dan persiapan dengan tim program terutama Program Coordinator dan TMO Officer

▪          Presentasi proposal rencana kerja

2 hari 8 – 9 Februari 2021
2. Persiapan draft karakter, layout, voice-over yang akan digunakan untuk pembuatan video untuk persetujuan sebelum produksi lebih lanjut 5 hari 10 –15 Februari 2021
3. Produksi video 6 hari 16 – 21 Februari 2021
4. Presentasi kepada Program 1 hari 22 Februari 2021
5. Periode revisi 5 hari 22 – 26 Februari 2021
6. Penyerahan Video, Laporan Akhir Konsultansi dan hasil kerja terkait 1 hari 27 – 28 Februari 2021
 

Pelaporan ke

 

Program Coordinator dan Training & Mentoring Officer (TMO) Program Empowering Women Entrepreneurs.

 

 

Cara Melamar

Bagi yang berminat dapat mengirimkan CV dengan mencantumkan portofolio dan dikirim melalui email ke procurement@id.mercycorps.org paling lambat tanggal 3 Februari 2021.

The post Konsultan Modul Digitalization Empowering Women Entrepreneurs appeared first on Devjobsindo ORG.

Bagikan:

Responses